Merawat Bunga Mawar

Merawat mawar juga bukanlah hal yang sulit karena sebenarnya bunga ini tidak memerlukan banyak perawatan. Pada masa satu atau dua bulan pertama setelah penanaman, tanaman mawar harus disiram setiap hari secara teratur. merawat_mawarPada pagi hari kita harus menyiram tanahnya saja hingga terserap ke bagian bawahnya. Lalu pada sore hari ketika matahari sudah tidak begitu terlihat kita lakukan penyiraman pada daunnya.

Namun setelah melewati masa dua bulan tersebut, bunga mawar tidak perlu disiram sering-sering, cukup satu hari atau dua hari sekali. Bila mawar sudah berbunga jangan lupa untuk memangkas dahan-dahan pohon yang sudah kering yang bertujuan agar bunga mawar tersebut akan lebih sering berbunga di dahan-dahan yang baru tumbuh.

Namun dahan-dahan yang telah dipangkas jangan langsung dibuang karena dahan-dahan itu dapat ditanam kembali di tempat lain. Selain itu juga memangkas buah cabang-cabang yang mengarah ke dalam tanaman agar tanaman mawar tersebut bisa dengan mudah bernafas dan menyerap zat-zat yang bagus untuk pertumbuhannya.

Pemangkasan ini bagus dilakukan jika kita ingin agar bunga mawar berbunga banyak tanpa henti. Selain itu dengan pemangkasan maka akan muncul tunas baru dari mawar tersebut dengan tangkai yang lebih panjang, karena jika tidak dipangkas maka tangkai bunga mawar akan pendek dan juga tidak menghasilkan bunga yang banyak. Di negara yang memiliki empat musim pemangkasan biasanya dilakukan pada saat musim gugur dan atau menjelang musim semi.

Jangan lupa memberi pupuk setiap bulannya. Pupuk yang baik digunakan adalah pupuk organik, namun juga bisa dengan pupuk buatan yang khusus untuk mawar. Pada saat pemupukan lakukan sekaligus penggemburan tanah di daerah sekitar batang lalu cabut tanaman liar yang mengganggu mawar tersebut. Jika ada hama yang mengganggu gunakan obat khusus yaitu Bouillie Bordelaise / Bordeaux Mixture yaitu dengan cara disemprot. Jangan sering menggoyangkan dahan yang baru saja ditanam dalam arti belum terjadi pengakaran di sana. Setiap satu hingga dua tahun sekali media penanaman diganti.

16 thoughts on “Merawat Bunga Mawar

  1. Pingback: Indahnya Bunga Mawar Merah | TANAMAN . ORG

  2. Mohon info, dimana bisa memperoleh / beli mawar rambat/ climbing roses? utk daerah Jabodetabek.

    Terima kasih

  3. Pingback: GECKO GARDEN NURSERY » Blog Archive » Bunga Mawar Merah

  4. Pingback: Bunga Mawar Merah « ANEKAPLANTASIA.cybermediaclips

  5. Pingback: mawar merah « Medyapoetrianggraini019ip1's Blog

  6. Merawat mawar juga bukanlah hal yang sulit karena sebenarnya bunga ini tidak memerlukan banyak perawatan. mawar ibaratnya mentari pagi yang sungguh indah….

  7. mohon info mendapatkan tanaman mawar merambat di daerah jabodetabek

  8. Saya mau tanya tentang cara merawat mawar.biar gk terjangkit hama.gmn cara biar tumbuh besar dngn bunga yg yg banyak.d mn saya bisa mendapat kan biji bunga mawar.yg saya tau penanaman bunga mawar hanya dngn stek,cangkok,.tlng blsan y.

  9. tolong penjelasan tentang mawAr ini diperjelaskan lebih detail lagi.
    oya….apa bekas dahan bunga mawar dapat tumbuh ? sedangkan dahan itukan sudah kering?……..jawab ya….
    segera

  10. ekhm,
    saran nya sangat mudah di fahami,
    pulang nanti saya akan menyiram nya!!!!!!!!!!!

  11. Pingback: elisahfamesstaskenza.com » Bunga mawar merah

  12. Hey,,,,cpa yang tau cara merubah warna bunga mawar ,,minta tlg di e- mail ke q ea thanksss,,pleace para pencinta mawar kta lestarikan bersama,,,

  13. kasih tau cara merawat bunga mawar yang berasal dari daerah dingin dunk?

  14. saya suka dengan tanaman bunga apa lagi bunga mawar . sakarang saya sudah tau bagaimana cara merawatnya, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>