Menanam Bunga Mawar

taman_bunga_mawarMenanam bunga mawar bukanlah hal yang terbilang sulit jika kita sudah mengetahui bagaimana caranya. Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah membeli bunga mawar untuk ditanam.  Lalu buatlah lubang di tanah yang subur untuk bisa menanam tanaman tersebut. Yang harus diingat adalah bunga mawar bisa ditanam di tanah (kebun) namun juga bisa ditanam di pot.

Jika ingin menanam di kebun kita harus membuat lubang yang besar dan dalam berukuran  50 x 50 x 50 cm. Sedangkan jika ditanam di pot kita harus menggunakan pot yang cukup besar, jangan terlalu kecil karena jika ditanam di lubang yang besar maka akar dari bunga mawar tersebut akan berkembang kemudian menyebar ke dalam tanah pada tahun pertama.

Hal itu membuat bunga mawar akan kuat dan tahan terhadap serangan hama dan juga terhadap kekeringan. Jika kita menggunakan pot maka kita harus lebih sering merawat bunga tersebut dibandingkan dengan tidak menggunakan pot.

Jika ditanam di tanah kita bisa menyiramnya hanya satu atau dua hari sekali, namun jika ditanam di pot kita harus menyiramnya dua sampai tiga kali dalam satu hari. Perlu diingat pot yang baik digunakan adalah pot yang terbuat dari tanah liat atau tembikar. Penggunaan pot plastik dihindari karena kurang bagus untuk pertumbuhan bunga tersebut.

Setelah itu masukkan tanah, pupuk kandang, dan juga pasir ke dalam lubang tersebut. Namun sebelumnya bersihkan dahulu lokasi penanaman bunga mawar dari sampah, rumput-rumput liar, dan juga batu kerikil. Tanaman mawar cocok pada tanah liat berpasir, subur, gembur, banyak bahan organik, aerasi dan drainase baik. menanam_mawarSelain itu pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk yang sudah jadi bukan yang masih segar. Karena pupuk kandang yang masih segar bisa membuat bunga mawar menjadi mati, selain itu bau yang dihasilkan juga sangat menyengat.

Perbandingan antara tanah humus, pupuk kandang, dan juga pasir adalah 1:1:1. Khusus untuk menanam di pot perlu ditambahkan pecahan bata merah atau genteng atau arang yang berfungsi sebagai pengisap kelebihan air serta memudahkan pemindahan tanaman dari pot ke kebun atau ke tempat tanam yang baru. Kemudian lubangi dasar pot untuk kelebihan air dan basahi pot dengan air hingga cukup basah. Lalu isikan pecahan bata merah pada dasar pot setebal ±1 cm dan jangan membuat lubang pembuangan air di dasar pot tersumbat.

Isikan humus secara merata setebal di atas lapisan bata merah. Lalu isikan media tanam campuran tanah, pasir dan pupuk kandang. Kemudian masukkan bunga mawar tersebut ke dalam tanah atau pot yang telah disediakan. Lalu masukkan kembali tanah humus. Untuk hasil yang sempurna letakkan tanaman ini di lokasi yang memiliki sinar matahari yang cukup. Dan yang terakhir jangan lupa disiram secara rutin dan teratur untuk mendapat hasil yang sempurna.

7 thoughts on “Menanam Bunga Mawar

  1. Pingback: GECKO GARDEN NURSERY » Blog Archive » Bunga Mawar Merah

  2. trimakasih artikelnya.. saya penggemar bunga, kalo menanam bunga sebaiknya pakai pupuk kimia + kompos atau pakai pupuk organik…? trimakasih balasannya, semoga tambah success & berjaya. Amiiin

  3. Pingback: My first “about” « aboutlyrin

  4. Pak/ bu artikelnya cukup jelas, namun saya mau bertanya ketika kita membeli bibit mawar bunganya ok ,besar yah sesuai harapan, namun setelah kita tanam kog bunganya menjadi tipis dan kecil > hal ini saya asumsikan karena wilayah saya panas / equator, tapi setelah baca artikel ini ternyata dapat tumbuh dimana saja.
    Tolong Pak/bu apa yang harus dilakukan.

    Tks

  5. Aku pencinta bunga mawar yang sangat fanatik, begitu melihat gambar diatas begitu senang, indahnya………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>