Bunga Adenium

bunga_adeniumAdenium merupakan tanaman hias yang sangat digemari banyak pecinta bunga tanah air.  Adenium merupakan kelompok family Apocynaceae, yaitu tanaman yang memiliki getah putih seperti susu.  Tanaman ini sangat banyak ditemukan tumbuh alami di dataran Yaman.  Adenium mulai dikembangkan di Asia Timur dan Tenggara (termasuk Taiwan, Thailand, dan Indonesia) pada tahun 1990-an dan semakin populer akhir-akhir ini.  Di Indonesia, jenis yang seringkali dicari orang adalah Adenium arabicum.

Spesies tersebut digandrungi karena bentuknya yang khas akibat karakter bonggolnya yang indah.  Jenis lain yang juga sering dicari kolektor tanaman hias tanah air adalah Adenium socotranum dan Adenium somalense.  Adenium socotranum merupakan jenis yang cukup sulit didapatkan dan selalu menjadi incaran empuk para kolektor meski pun harganya mahal.  Tanaman ini berasal dari Pulau Socotra yang terletak di Samudra Hindia, tepatnya di sebelah selatan Semenanjung Arab.  Daun Adenium socotranum berwarna kecoklatan mengkilap seperti plastik dan tepinya melengkung ke bawah.

Adenium somalense merupakan Adenium yang banyak ditemukan tumbuh alami di Somalia dan Kenya.  Tanaman tersebut merupakan Adenium yang cukup mudah perawatannya dan bunganya sama indah dengan Adenium obesum.  Adenium somalense dan Adenium obesum merupakan jenis Adenium yang terkenal karena keindahan bunganya.  Adenium obesum atau sering disebut bunga blorok merupakan Adenium yang paling tinggi tingkat mutasinya sehingga corak warna bunga yang muncul lain daripada yang terdapat pada bunga dari jenis-jenis Adenium lainnya.

Jika Anda ingin mengoleksi Adenium, Anda tentu saja akan memiliki banyak pilihan untuk menonjolkan bagian bunganya atau bonggolnya.  Biasanya para bapak-bapak lebih suka dengan Adenium berbonggol indah, sementara para ibu lebih memilih Adenium berbunga indah.

10 thoughts on “Bunga Adenium

  1. Permisi saya mau tanya… Saya baru mulai menyukai adenium kurang lebih 3-4 bln terakhir. Saya mau tanya gimana cara grafting yg baik dan benar. Soalnya sudah belasan ademium saya protol semua (tinggal bonggol doang) karena gagal grafting. Saya sudah mengikuti semua prosedur yang saya dpt hasil browsing internet. Kenapa kok graftingan saya selalu busuk? Apa ada obat2an tertentu yg diberikan supaya graftingan tidak busuk? setelah batang dipotong, apa langsung di sambung atau didiamkan dahulu?. Terimakasih.

  2. Sy penggemar adenium, skrng lg coba budidaya adenium. Mau tanya gmna cara agr adenium cpt menghasilkan bunga dan cara menyambung?

  3. hai saya pecinta bunga adenium bangat meski baru baru tapi saya sangat suka bangat sama bunga adenium,saya udah berapa kali mencoba menanam bunga adenium tapi selalu gagal,makanya saya pengen bangat belajar,apa ada kursu egk utk menanam bunga adenium,saya pengen langsun belajar dari pakarnya klo boleh,plzzzz saya sangat suka bangat ama bunga adenium. saya berasal dari timor leste dan saya pengen bangat utk belajar.

    slm saya pecinta bunga adenium

  4. Beuhh.. bikin ngilerr bentuk2kannya..
    Syarat tanaman adenium boleh ikut kontes, apa aja ya om,,???

    Punya saya masih seipritt,, tinggi masih sekitar 10 senti+bunga,,

    Salam.. :D

  5. Bagaimana cara pemeliharaanya Andenium,
    1 Menggunakan media apa
    2 Berapa kali ganti media tanam per tahun
    3 pupuk apa yang di pakai
    4 Pestisida apa yg di pakai
    5 kalau musim penghujan bagaimana pemeliharaanya

  6. saya suka bunga adenium/kamboja. bunga adenium saya jarang berbuah. apa kiatnya? supaya buahnya dan bunganya banyak. terimakasih.

  7. Dulu saya bljr tnam adeniun ggal trs, allhmdllh skg q dh bs tnm, da 24 phn adenium q pny, tnm bji adenium emg g blh kn sinar matahari langsung, hrs ϑĩ jaga kadar air, jgn terlalu kena air, karna akan bikin busuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>