Budidaya Kaktus

Budidaya
Kaktus bisa diperbanyak dengan cara memotong cabang, atau dengan menanam tunas baru. Tunas yang tumbuh harus dipatahkan dari tanaman induk, kemudian dibiarkan kering selama 2 minggu untuk meyembuhkan luka patahan yang terbentuk.

Setelah lukanya sembuh benar (Anda dapat mengetahuinya dengan melihat apakah ada jaringan baru yang menutupi patahan tunas tersebut), tanam tunas kaktus pada media kering. Tunas kaktus jangan dibenamkan terlalu dalam dalam media, cukup 2-4 cm saja yang ada di dalam tanah.

Jika Anda ingin memperbanyak kaktus dari bagian batang, maka gunakan pisau yang bersih dan tajam untuk memotong batangnya. Jika Anda memotong batang kaktus lurus (tidak bercabang) yang panjang menjadi beberapa bagian, maka tandailah mana yang bagian atas dan mana yang sebelah bawah. INGAT: jangan sampai terbalik.

Bagian yang nantinya akan dibenam dalam tanah adalah bagian bawah. Kaktus tidak akan tumbuh jika Anda membenamkan bagian atasnya dalam tanah. Tips agar Anda tidak sulit mengingat bagian yang Anda potong adalah dengan membuat potongan lurus untuk bagian atas, dan sedikit miring pada bagian bawah.

Jika Anda memotong kaktus yang bercabang, maka potonglah pada bagian percabangannya. Atau jika kaktus Anda termasuk jenis yang berbuku-buku (seperti beberapa jenis Notocactus) maka potonglah pada bagian buku-bukunya.

Masalah utama yang mungkin akan Anda temukan dalam pemotongan kaktus adalah tangan terluka karena duri yang tajam. Maka berhati-hati dan selalu sediakan antiseptik. Masalah kedua adalah pembusukan pada bagian bawah potongan akibat tumbuhnya jamur. Jamur yang tumbuh ini bisa sangat ganas menggerogoti potongan bibit yang telah Anda sediakan hingga menjadi potongan kecil berlendir yang menjijikkan.

Ada dua cara untuk menghindari tumbuhnya jamur pada potongan kaktus Anda. Pertama, setelah dipotong simpanlah potongan batang kaktus selama 2 minggu pada tempat yang kering, seperti yang Anda lakukan pada tunas kaktus.

Sebenarnya waktu pengeringan tersebut relatif, tergantung pada ukuran potongan yang Anda buat. Semakin besar potongan kaktusnya, maka semakin lama pula mereka harus dibiarkan kering. Yang harus Anda perhatikan adalah jangan sampai potongan kaktus menciut dan bentuknya jelek, karena kalau sudah begitu berarti masa pengeringan terlalu lama.

Pengeringan yang terlalu lama juga dapat merusak kaktus Anda. Selama masa pengeringan tersebut, akan tumbuh kalus yang dapat memperkuat jaringan potongan kaktus sehingga tidak rawan jamur.

Cara yang kedua untuk menjauhkan jamur dari potongan kaktus Anda adalah dengan cara membenamkan potongan segar dalam tanah yang diberi pupuk sulfur. Kandungan sulfur dapat menjauhkan jamur-jamur dari bibit kaktus Anda. Jangan siram potongan tersebut selama satu minggu. Setelah seminggu, barulah Anda boleh memindahkan potongan kaktus ke media baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>