Budidaya Bunga Adenium

budidaya_adeniumAdenium merupakan tanaman yang relatif mudah untuk dibiakkan.  Terdapat dua cara perkembangbiakan Adenium; generatif dan vegetatif.  Perkembangbiakan generatif dapat Anda lakukan dengan menggunakan biji Adenium.  Untuk mendapatkan biji Adenium, Anda harus membungkus buah-buah Adenium dengan plastik.

Perlu Anda ketahui bahwa buah Adenium merupakan tipe buah dehiscent, artinya ketika matang buah ini akan pecah menyemburkan bijinya.  Oleh karena itu, sangat penting untuk membungkus terlebih dahulu buah-buah ini dengan plastik ketika belum dipetik dari pohonnya.  Buah Adenium mulai tumbuh ketika bunga mekar telah berusia 1 bulan, dan dalam waktu 3-4 bulan buah-buah ini akan matang.  Jadi Anda boleh mulai membungkus buah-buah ini 2-3 minggu sebelum masa matangnya.  Ketika matang, biji-biji Adenium akan tertampung dalam plastik.  Kemudian, kumpulkan biji-biji tersebut untuk dikeringkan.

Setelah kering, biji-biji ini dapat segera Anda tanam kembali.  Kekurangan dari cara pembiakan generatif adalah waktu yang dibutuhkan cukup lama karena Adenium dewasa baru mulai berbunga ketika usianya 6 bulan. Perkembangbiakan vegetatif dapat Anda lakukan dengan cara stek atau cangkok.  Terdapat beberapa keuntungan dari perkembangbiakan vegetatif pada Adenium, antara lain: Anda dapat memilih karakter bonggol atau bunga yang bagus, biji lebih mudah dikumpulkan, dan tanaman tidak mudah terserang virus.

Sementara itu, kekurangannya adalah Anda akan sulit menduga seperti apa bentuk Adenium Anda ketika dewasa.  Cangkok yang umumnya dilakukan adalah cangkok pada bagian percabangan batang dan bonggol.  Anda dapat menggunakan kantong plastik dan plester untuk membungkus bagian yang dicangkok, kemudian menunggu hingga bungkusan tersebut membesar.  Jika terlihat membesar, artinya cangkokan Anda telah tumbuh menghasilkan anakan baru, dan Anda boleh membuka bungkus plastik tersebut.

Jika Anda mencangkok pada bagian bonggol, maka jangan lupa untuk melapisi plastik dengan kertas karbon (atau kertas koran jika Anda tidak memiliki kertas karbon), agar bonggol tidak hangus karena matahari.  Waktu yang dibutuhkan untuk proses cangkok hanya 2-4 minggu hingga menghasilkan anakan baru.  Anakan baru tersebut harus ditumbuhkan di tempat teduh karena anakan ini masih belum tahan terhadap sinar matahari langsung.

Ketika Anda memutuskan untuk membudidayakan Adenium, berarti Anda harus memiliki pasokan bibit yang cukup.  Yang dimaksud dengan bibit Adenium di sini adalah anakan yang telah memiliki bonggol, yang sudah ditumbuhkan selama 9 bulan.  Keunggulan bibit tersebut adalah pertumbuhannya optimal sehingga ketika dewasa akan menjadi tanaman yang sehat dan kuat.  Bibit ini pun sudah cukup kuat jika Anda ingin mencangkoknya.

Dalam budidaya Adenium, jangan ragu-ragu untuk memberi pupuk pada masa pembibitan.  Dengan pemberian pupuk yang intensif, bibit Anda dapat matang hingga 3 bulan lebih cepat daripada bibit tanpa pupuk.

11 thoughts on “Budidaya Bunga Adenium

  1. gimana perawatan bunga kalo sering diserang jamur dan ulat daun yang hijau+gede banget….????

  2. saya sekarang sdg membibitkan adenium yg dr biji..sudah 2minggudan udah tumbuh…pupuk apa yg harus saya berikan supaya bagus dan bonggonya cepat besar?trims

  3. bunga kamboja dari biji yang umurnya kurang dari 1 tahun atau tingginya sekitar 15 cm, apakah bisa di kasih pupuk??? mohon penjelasannya
    cara pemberiannya gmana??? apakah 1 kali semingu atau bagaimana???

  4. dengan cara mencangkok kayaknya saya kok ngk mudeng gitu lo… kalau bisa ada gambarnya… jadi biar jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>