Berbagai Durian di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki varian durian terbanyak di dunia. Varian durian Di Indonesia dapat mencapai ratusan, dari durian yang memiliki rasa enak hingga durian yang memiliki rasa tidak enak. Indonesia seharusnya dapat menciptakan jenis durian unggulan sendiri, tidak hanya mengembangkan bibit durian dari luar negeri. Sehingga Indonesia dapat dibuat komoditas durian unggulan yang dapat bersaing di dunia.

Buah durian merupakan buah berkulit duri namun memiliki rasa yang sangat enak dan legit. Buah ini memiliki aroma yang sangat khas dan menyengat. Buah legit ini banyak sekali jenisnya, di Indonesia saja terdapat bermacam-macam durian seperti durian sukun, durian merah, durian matahari, durian otong, durian kuning emas, dan lain-lain. Sedangkan durian monthong bukanlah durian asli Indonesia.

Ada banyak sekali durian yang dibudidayakan di Indonesia diantaranya :

  1. Durian petruk. Merupakan durian dari Jepara yang merupakan salah satu durian terlezat di Indonesia. Durian ini memiliki isi yang kecil dan daging buah yang berwarna putih.
  2. Durian monthong. Durian monthong merupakan salah satu durian yang paling terkenal di kalangan masyarakat. Durian yang berasal dari Thailand ini banyak disukai orang. Durian ini memiliki rasa yang sangat enak sehingga banyak dicari. Warna daging buahnya ada yang putih dan ada pula yang kuning. Namun durian ini lebih mudah terserang penyakit Phytophthora sp. Bila dibanding dengan durian lainnya.
  3. Durian kuning emas. Durian ini memiliki rasa yang khas,legit dan manis. Durian ini tidak seperti durian lainnya, karena durian ini tidak meninggalkan bau setelah dimakan. Kalau durian lain tentunya akan meninggalkan bau khas durian.
  4. Durian merah. Merupakan durian yang memiliki daging buah yang berbeda dari yang lainnya. Durian ini memiliki daging buah yang merah. Rasanya pun tidak kalah lezatnya bila dibandingkan dengan durian yang lain.

Bibit durian satu dengan yang lainnya tidak sama harganya. Harga bibit durian petruk sekitar Rp15.000,00/bibit. Harga bibit durian montong sekitar Rp25.000,00/bibit. Harga bibit durian kuning emas sekitar Rp20.000,00/ bibit. Sedangkan harga bibit durian merah sekitar Rp20.000,00/ bibit. Harga ini untuk ukuran bibit sekitar 30-70cm.

15 thoughts on “Berbagai Durian di Indonesia

  1. saya tertarik untuk bududaya durian montong dan durian merah, yang ingin saya tanyakan… kira2 durian cocok untuk ditanam di daerah jawa tengah khususnya gombong?

    klo stok bibit untuk bulan oktober kira2 ada ga?

    untuk pemesanan bisa diantar ke lokasi?

    mohon dibalas ke email saya saja ya…

  2. Saya mau tanya bagaimana ciri-ciri durian yang terkena Phytophthora sp. Terima kasih sebelumnya,

  3. BOLEH TAU BERAPA NO HP UNTUK INFORMASI JENIS-JENIS DURIAN DI ATAS, SERTA ALAMATNYA…MOHON DIKIRIMKAN NO HPNYA KE ALAMAT EMAIL SAYA….

  4. prosedur pemesanan gimana? trus konfirmasi info komplit bisa kirim ke email saya. Thanks

  5. kira2 rasa durian merah itu sama ga dengan durian yg lainnya dan yg di maksud dengan durian merah iyu kulitnya merah atu bagaimana ? maaf sebelumnya karena saya bru tahu klo da durian merah ..

  6. Saya baru memulai penjualan bibit durian.. Jika ada yg berminat mungkin bisa menghubungi saya di wlk_leonhart@yahoo.com sedang memiliki stok bibit durian udang merah , Mao San Wang dan beberapa macam lainny…

  7. PUSAT PEMBIBITAN DURIAN UNGGUL
    Pemasaran via Online
    Kami Siap Melayani Pesanan Seluruh Indonesia

    Menyediakan Segala Jenis Bibit Durian UNGGUL :
    Bibit Durian Unggul Lokal/Nasional
    Bibit Durian Introduksi Thailand
    Bibit Durian Malaysia

    HOT LINE
    085 7297 23313

    PIN BB 276D 9BB3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>