Beberapa Hama Tanaman Di Musim Hujan

Musim hujan memang seringkali menyusahkan para petani karena banyak hama yang menyerang tanaman. Sedangkan pada musim kemarau, justru siklus hama dan penyakit akan terputus. Keberadaan hama tanaman maupun hama padi akan merusak tumbuhan yang ada dan terkadang menimbulkan penyakit pada tumbuhan tersebut. Akibatnya para petani akan gagal panen.

Hama tanaman yang sering muncul pada saat hujan adalah tikus (Rattus argentiventer Rob & Kloss). Cara mengatasi tikus adalah dengan melakukan pengolahan tanah secara bersama-sama sebelum lahan tersebut belum ditanami. Pada cara ini, lubang tempat tikus di dalam tanah diberi belerang agar tikus keluar dan kemudian mudah dibasmi. Jika lahan telah ditanami padi, maka menyebarkan makanan tikus yang beracun dapat dilakukan.

Hama padi lain yang sering menyerang di saat hujan bahkan suka menyerang tanaman hias adalah hama wereng (Nilaparvata lugens). Hama wereng dapat dibasmi dengan menjaga supaya matahari selalu dapat menyinari padi atau tanaman hias. Matahari akan membuat wereng sulit menetas dan mencegahnya berkembang biak. Oleh sebab itu, wereng sering muncul dan berkembang biak saat musim penghujan dimana jarang ada matahari.

Hama tanaman kutu kebul (Bemisia tabacci) juga sering muncul saat musim hujan. Hama tanaman ini menyebabkan pertumbuhan daun menjadi terhambat, bentuk daun menjadi berlubang-lubang. Hama ini dapat menyebabkan padi maupun tanaman hias tersebut menjadi rusak dan mati, akibatnya gagal panen dialami petani.

Hama Fungus Gnats (Bradysia species) merupakan hama yang biasanya menyerang tanaman hias saat musim hujan. Tanaman hias yang sering diserang adalah Adenium. Pembasmian hama ini dengan memberikan insektisida atau mengganti lahan tanam setiap enam bulan sekali. Selain itu, ada pula hama tanaman hias lain yang terutama menyerang anggrek yakni keong. Pada musim hujan, telur keong menetas dan berkembang biak.

Ada pula gasir, ini adalah hama tanaman yang bentuknya mirip jangkrik (Gryllidae). Biasanya hama ini menyerang bagian batang dari tumbuhan. Selain itu, bahkan ada beberapa hama yang telah muncul sebelum lahan ditanami tanaman. Misalnya adalah hama tanaman uret. Untuk mencegahnya, lebih baik lahan disemprot oleh obat-obatan sebelum ditanami.

One thought on “Beberapa Hama Tanaman Di Musim Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>